Connect with us

Outdoor Activity

Persiapan sebelum memulai pendakian

Published

on

Persiapan sebelum memulai pendakian

Kegiatan mendaki gunung adalah sebuah petualangan yang menarik, tetapi juga membutuhkan persiapan yang matang. Sebelum memulai pendakian, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama pendakian. Berikut adalah 10 persiapan sebelum memulai pendakian:

    1. Mengetahui kondisi tubuh Sebelum memulai pendakian.

      Pastikan kondisi tubuh Anda sehat dan siap untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup berat selama beberapa hari. Mendaki gunung dalam kondisi setengah fit, sudah cukup untuk membuat kesengsaraan yang fatal sepanjang perjalanan Anda, jadi persiapan fisik adalah modal utama yang sangat krusial sebelum melakukan pendakian.

    2. Mengetahui kondisi cuaca.

      Pastikan untuk mengetahui kondisi cuaca di daerah tujuan pendakian. Cuaca yang buruk dapat membuat pendakian menjadi lebih berbahaya dan mengancam keselamatan. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi cuaca untuk memantau kondisi cuaca bahkan sampai 1 bulan ke depan dengan tingkat akurasi 60-70%

    3. Memilih rute pendakian.

      Pilih rute pendakian yang sesuai dengan kemampuan fisik dan pengalaman pendakian Anda. Pastikan untuk memahami tingkat kesulitan dan jarak rute yang dipilih. memahami rute pendakian akan membantu Anda mempersiapkan banyak hal, baik secara fisik, peralatan, maupun dari sisi logistik Anda.

    4. Menyiapkan peralatan pendakian.

      Pastikan untuk mempersiapkan peralatan pendakian yang dibutuhkan seperti sepatu gunung, carrier, sleeping bag, matras, pakaian hangat dan lainnya. Peralatan pendakian yang berkualitas baik, tentunya akan mengurangi tingkat bahaya dan kesulitan Anda di medan pendakian.

    5. Menyiapkan perlengkapan makanan dan minuman.

      Pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup selama pendakian. Sebaiknya bawa makanan yang praktis dan ringan seperti roti, sereal, buah-buahan, dan minuman yang mengandung elektrolit. Hindari hanya membawa mie instant, karena dalam situasi pendakian, Anda akan membutuhkan lebih banyak kalori dalam melakukannya.

    6. Memeriksa kesehatan.

      Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum memulai pendakian, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Memastikan Anda sehat lahir batin sebelum memulai pendakian, akan mengurangi risiko dan bahaya dalam perjalanan.

    7. Memeriksa izin pendakian.

      Pastikan untuk memeriksa izin pendakian dan peraturan pendakian yang berlaku di daerah tujuan pendakian. Untuk tujuan pendakian ke lokasi tertentu misal Taman Nasional, Anda harus memiliki SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) sebelum memulai pendakian. Jangan pernah melakukan pendakian secara ilegal, selain ini melanggar hukum, Anda juga akan mendapatkan masalah serius dan kesulitan mendapatkan bantuan saat sesuatu yang tidak diharapkan terjadi pada Anda.

    8. Menyiapkan peta dan kompas.

      Pastikan untuk membawa peta dan kompas yang dapat membantu Anda mengetahui arah dan jalur yang harus diambil selama pendakian. Terutama jika gunung yang akan Anda daki, adalah yang pertama kali Anda datangi saat itu.

    9. Menyiapkan alat komunikasi.

      Pastikan untuk membawa alat komunikasi seperti ponsel atau walkie-talkie yang dapat membantu Anda berkomunikasi dengan orang lain selama pendakian. Anda bisa membawa walkie talkie tanpa perlu izin khusus untuk itu, namun untuk kelas Handy Talkie Anda wajib mempunyai surat izin khusus yang menyertainya.

    10. Membuat rencana darurat.

      Pastikan untuk membuat rencana darurat yang dapat dijalankan jika terjadi situasi darurat seperti cedera atau kehilangan jalur pendakian. Membuat rencana cadangan akan membantu alam bawah sadar Anda bertindak lebih cepat, saat sesuatu yang tidak diharapkan terjadi, jadi bicarakan hal ini kepada anggota team Anda sebelum Anda berangkat ke tujuan.

 

Persiapan sebelum memulai pendakian

 

 

Dalam melakukan persiapan sebelum memulai pendakian, pastikan Anda melakukan persiapan dengan matang dan sesuai dengan kondisi Anda. Memulai pendakian tanpa persiapan yang matang dapat membahayakan keselamatan Anda dan juga orang lain yang ikut dalam pendakian.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan pendakian yang berlaku, dan menjaga kelestarian alam yang menjadi tempat pendakian.

Hal terpenting lainnya adalah, Jangan pernah lupa untuk membawa sampah Anda turun kembali!

Gunung tidak memiliki petugas pembersih sampah secara mandiri, jadi tidak akan ada petugas yang secara resmi membawa sampah Anda turun kembali dari gunung.

Kepedulian Anda terhadap kebersihan hutan dan gunung, akan membuat gunung selalu terjaga kelestarian dan keindahannya.

Demikian 10 Persiapan sebelum memulai pendakian versi IDERU, untuk Anda pelajari dan cermati.

Semoga petualangan pendakian Anda menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

 

Teknik Survival Di Hutan

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *